X9 Pro Audio Asli Karya Anak Negeri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - INDUSTRI musik Tanah Air mengalami perkembangan menggembirakan, namun perangkat yang mendukung perhelatan akbar musik khususnya sound system masih didominasi merk-merk wahid luar negeri. Adalah E Sony Indra Rasmoko, yang awalnya bergelut di bidang rental sound system tidak tinggal diam.
Kenekatan dan ide liar Sony begitu pria kelahiran Gombong, Kebumen ini disapa muncul. Sony pun nekat memproduksi sound systemsendiri. Kepercayaan dirinya tumbuh seiring melihat peluang industri sound system tanah air yang masih minim.

Sejak 2007 hingga 2012 Sony dengan sabar dan tekun terus bereksperimen membuat perangkat audio atau sound sytem sendiri dengan cita-cita Indonesia memiliki brand sound system yang kualiatas suaranya tak kalah dengan sound impor.
Alhasil, pada tahun 2012, Sony sukses menemukan rangkaian audio yang kemudian diterapkan dalam sound system buatannya yang diberi label X9 Pro Audio.
"Ini tidak ujug-ujug, eksperimennya cukup lama, sangat menyita waktu, tenaga, dan biaya, sampai-sampai dulu istri saya marah juga. Akhirnya tahun 2012 saya menemukan formula yang menurut kuping saya sudah sesuai dengan apa yang saya harapkan. Mulailah saya memproduksi sendiri speaker yang kemudian saya beri nama X9 Pro Audio," terang Sony saat ditemui usai peresmian showroom X9 Pro Audio di Cafe Cangkir 6 di bilangan Bintaran, Yogyakarta belum lama ini.
Secara resmi Sony merilis sound system produksinya ini di pertengahan tahun 2013 lalu. Kenapa diberi nama X9 Pro Audio, Sony menjelaskan, "x" bermakna experience atau keahlian, dan "9" itu angka tertinggi.
"Kelebihan dari produk ini adalah kejelasan pada vokal (clarity) dan sangat minim feedback. Speaker X9 Pro Audio ini menggunakan multiplek setebal 12 mm (midle) dan 15 mm (subwofer). Produk ini dibuat bukan hanya untuk acara musik, tapi juga berbagai event lain, bisa untuk masjid, kantor, hall, auditorium, gereja dan tempat ibadah lainnya," terang Sony.
Jenis produk yang sudah saat ini antara laian, DJM series TX 411, monitor series MX-4811, sub series SX-1501,Mini LA series LX-4811 dan Tower+Sub TX-4811/LX-4811.
Sony berharap, selain memberikan kebanggan bagi industri sound system tanah air karena ini karya asli anak negeri, ia juga terbuka menerima kritik demi kemajuan X9 Pro Audio.
"Kalau kita hanya puas sebagai konsumen, maka selamanya kita akan dijajah produk luar. Berilah kesempatan pada anak bangsa untuk berkarya, itu saja," tandas Sony. (Tribunjogja.com)

5 komentar: